Minggu, 20 Agustus 2017

Noun Menurut Bentuknya

Noun (kata benda) adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan nama orang, tempat, hewan, hari, nama suatu benda, ide, gagasan, dan sebagainya.
Pada artikel kali ini saya akan mengajak teman - teman untuk mengenal bentuk - bentuk Noun.
Menurut wujudnya, Noun di bagi menjadi dua yaitu ; Concrete Nouns dan Abstract Nouns.

1. Concrete Nouns adalah kata benda yang menunjukkan nama objek yang dapat dilihat, diraba, depegang dan dapat dirasakan oleh panca indera kita. Adapun Concrete Noun ini dibagi lagi menjadi empat macam :
     - Proper Nouns. Ini adalah kata benda yang menunjukkan nama diri dari orang, negara, kota, hari, bulan, dan nama-nama tempat. Umumnya huruf awalnya ditulis dengan huruf kapital. Contoh : Tommy (nama orang), New York (nama kota), Wednesday (nama hari), April (nama bulan), dll.
       Proper Noun umumnya tidak dapat didampingi oleh kata sandang a, an, maupun the.

     - Common Nouns. Ini adalah kata benda yang menunjukkan suatu benda pada umunya yang biasa kita jumpai. Contoh : book, pencil, car, swords, shoes, dll.

     - Collective Nouns. Ini adalah kata benda yang menunjukkan suatu kumpulan atau kelompok. Contoh ; herd (kumpulan hewan herbivora), swarm (kumpulan serangga), group (kelompok), class (sekumpulan murid), dan lain sebagainya.

     - Material Noun. Kata benda ini adalah kata benda yang menunjukkan bahan mentah atau kata benda yang berasal dari pertambangan ataupun bahan baku. Contoh : gold, paper, diamond, sand, silver, oil, dsb.
        Umumnya kata benda ini dapat didampingi oleh kata sandang the.


2. Abstract Nouns adalah kata benda yang tidak berwujud, tidak dapat dilihat, dan tidak dapat dirasakan oleh panca indera kita. Contoh : dream, success, achievement, wisdom, anger, dan lain sebagainya. Kata benda jenis ini juga banyak berasal dari Verb yang mendapat imbuhan dan kemudian menjadi Noun.

Nah, itu saja dulu artikel tentang klasifikasi Noun menurut wujud / bentuknya. Untuk pembahasan lengkap akan dibahas di artikel - artikel selanjutnya ya.
Terima kasih semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Noun Menurut Kasusnya

Menurut kasusnya, noun dapat digolongkan menjadi 3 yaitu subjective, objective, dan possessive. 1. Subjective Noun adalah kata benda yang ...